Gugatan Dikabulkan, Umar – Madeng Tatap Pilkada 2018

by -2,266 views

Lontarapos.com, Watampone – Musyawarah sidang sengketa yang digelar di Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi – Selatan akhirnya mengabulkan gugatan bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan dr. Rizalul Umar – Andi Mappamadeng Dewang (Umar – Madeng), Minggu (4/2/2018).

Hasil sidang sengketa mengabulkan seluruh gugatan Umar – Madeng, dibacakan langsung oleh anggota Panwas Bone Ridwan Husaifah yang bertindak sebagai pimpinan musyawarah sidang sengketa.

“Mengabulkan semua gugatan bakal calon, sekaligus memerintahkan kepada KPU Bone agar memberikan kesempatan kepada pemohon untuk memperbaiki atau melengkapi kekurangan berkas dukungan,” kata Ridwan.

Sebelumnya KPU Bone melalui rapat plenonya menyatakan Umar – Madeng tidak memenuhi syarat (TMS) untuk maju sebagai kandidat di Pilkada Bone.

Ketua KPU Bone, Aksi Hamzah menuturkan total dukungan e-KTP Umar – Madeng yang diverifikasi oleh KPU sebanyak 44.118, dan sebanyak 22.317 dukungan e-KTP bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bone dr Risalul Umar – Dr. H. A. Mappamadeng Dewang  (Umar–Madeng) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Bone.

“Hasilnya Memenuhi Syarat (MS) 21.801 dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 22.317 dari total 44.118,” kata Aksi Hamzah seperti dikutip tribunbone.com, Minggu (31/12/2017).

Hasil rapat pleno KPU Bone yang menyatakan Umar – Madeng TMS dan digugurkan sebagai Bapaslon, langsung dilaporkan dan digugat oleh Umar – Madeng melalui kuasa hukumnya beserta tim pemenangannya ke Panwas Bone.

Dr. Umar yang ditemui pasca pembacaan hasil sidang menuturkan, setelah berproses selama beberapa hari di Panwas Bone, akhirnya kami (Umar – Madeng) bisa bernafas lega dengan hasil sidang yang mengabulkan seluruh gugatannya, itu artinya kans kami kembali terbuka menatap Pilkada mendatang.

“Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT akan hasil sidang hari ini yang mengabulkan seluruh gugatan kami, perjuangan ini belum selesai masih banyak tantangan yang akan kita hadapi kedepannya, saya beserta bapak Andi Mappamadeng mengucapkan terima kasih atas doa saudara (i) sekalian kepada kami,” ujarnya didepan para pendukung fanatiknya, di Jalan Sungai Limboto, Watampone, Minggu (4/1/2018).

Dengan hasil sidang yang mengabulkan seluruh gugatan Umar – Madeng dipastikan kans Bapaslon ini kembali terbuka lebar menatap pilkada bone 27 Juni 2018 mendatang mendatang.

Andi Hedar