Musyawarah Penyelesaian Sengketa Panwas Bone Pertemukan KPU dan Bapaslon

by -423 views

Lontarapos.com, Watampone – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bone, Menggelar Musyawarah Penyelesaian Sengketa antara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bone dengan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Umar – Madeng.

Dalam musyawarah penyelesaian sengketa tersebut Panwas Bone menghadirkan KPUD Bone dan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Umar – Madeng.

Sementara itu Umar – Madeng didampingi pengacaranya Abdullah, SH yang mengatakan kalau mengacu pada undang-undang 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Pasangan Calon yang digugurkan oleh KPU berhak mengajukan gugatan kepada Bawaslu dengan pokok pokok perkara beserta dugaan dugaan pelanggaran hukum.

“Dalam UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, diatur dengan jelas bahwa pasangan calon yang digugurkan berhak mengajukan gugatan kepada Pengawas Pemilu,” Ungkap Abdullah saat ditemui Lontarapos.com dikantor Panwaslu Bone Jalan Biru Watampone, Minggu (28/01/2018).

Gugatan ditujukan Kepada KPUD Bone melalui Panwas Kabupaten dengan mengumpulkan bukti – bukti dan fakta di lapangan bahwa diduga adanya unsur intimidasi, serta adanya dugaan hilangnya berkas serta dugaan pelanggaran prosedur yang dilakukan oleh KPU Bone.

“Kepada Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone, kami menitip harapan besar, agar kiranya dapat mengabulkan gugatan kami, sehingga pasangan Umar – Madeng dapat kembali melanjutkan tahapan sampai ditetapkan menjadi Pasangan Calon,” Paparnya.

“Sebagai warga negara kita berkewajiban menjaga proses demokrasi dinegeri ini berjalan dengan baik, jangan ada yang tercederai karena semua warga negara sama posisinya di mata hukum,” Pungkasnya.

Andi Hedar