Pansus RUU Pemilu: Ada Penambahan Alokasi Kursi DPR di Pileg 2019

by -414 views

RILIS.ID, Jakarta— Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang Pemilu memastikan akan ada penambahan alokasi kursi di DPR RI pada pemilihan legislatif 2019 mendatang.

Penambahan ini berdasarkan cakupan luas wilayah serta munculnya daerah pemekaran baru, seperti provinsi Kalimantan Utara.

Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Benny K Harman mengatakan adanya kemungkinan penambahan 19 kursi DPR dari 560 kursi saat ini.

“Mau tidak mau harus ada penambahan kursi, oleh karenanya Pansus sepakati penambahan 19 kursi,” ucap Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan penataan alokasi kursi DPR juga semata untuk mengembalikan hak-hak daerah pemilihan (Dapil) yang selama ini terkena mutasi ke Dapil lain.

Terkait alokasi kursi per Dapil, Benny menyampaikan, akan dipatok minimal tiga kursi, dan maksimal 8 hingga 10 kursi.

“Ada juga yang mengusulkan 4-11 tapi kita patok setiap Dapil itu minimal tiga kursi. Prinsipnya, Dapil-dapil yang selama ini berhak mendapatkan, kita kembalikan hak mereka. Sementara, Dapil yang selama ini tidak berhak tapi dapat, tidak kita kurangi,” paparnya