Pertama kali, Pemimpin Myanmar Suu Kyi Kunjungi Rakhine

by -175 views

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi melakukan kunjungan ke negara bagian Rakhine untuk pertama kalinya. Wilayah Rakhine merupakan rumah tinggal etnis Rohingya.

“Aung San Suu Kyi melakukan kunjungan di Rakhine selama sehari penuh,” ujar juru bicara pemerintah Myanmar Zaw Htay, dilansir BBC, Kamis (2/11/2017).

Dalam kunjungan kali ini, Suu Kyi didampingi 20 orang. Dia dan rombongan naik helikopter militer untuk melihat kondisi di Rakhine.

Aung San Suu Kyi telah menyusun rencana untuk mengakhiri konflik di Rakhine. Dia akan mengajak pemerintah bekerja sama membangun Rakhine menjadi kawasan yang lebih maju.

Sebanyak ratusan ribu orang melarikan diri ke Banglades sejak militer masuk kdan menyerang mereka pada Agustus lalu. Militer Myanmar telah melakukan pembunuhan dan pembakaran rumah serta mengusir etnis Rohingya dari Rakhine.

Seperti diketahui, Pemerintah Myanmar menyalahkan Bangladesh karena menunda upaya pemulangan ratusan ribu pengungsi Rohingya. Penundaan itu disinyalir agar Bangladesh dapat menerima bantuan uang dari berbagai negara.

Sejak akhir Agustus lalu, lebih dari 600.000 warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari kekerasan militer Myanmar.

Sumber : Rilis.id